Makanan Khas Daerah Jawa Timur

      No Comments on Makanan Khas Daerah Jawa Timur

Makanan khas daerah Jawa Timur ada beraneka ragam dan semuanya memiliki citarasa tinggi. Berbagai makanan dari Jawa Timur seringkali dinilai enak karena gurih serta pedas. Nama dari berbagai makanan tersebut juga seringkali dianggap unik sehingga semakin membuat para wisatawan menjadi penasaran untuk mencicipinya. Bagi yang ingin memanjakan lidah, berikut ini daftar makanan khas daerah Jawa Timur yang cocok untuk dicoba.

Soto Ayam Lamongan

Makanan Khas Daerah Jawa Timur

Makanan Khas Daerah Jawa Timur

Soto ayam ini menjadi salah satu makanan khas daerah jawa Timur yang banyak digemari kebanyakan orang. Rasa soto ini gurih dan segar sehingga bisa membuat Anda ketagihan. Biasanya soto ini disertai dengan bubuk koya. Bubuk koya ini terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan.

Sate Madura

Sate Madura dikenal oleh masyarakat di hampir seluruh daerah. Sate ini dibuat dengan adanya taburan parutan kelapa yang sudah tentu akan memberikan rasa nikmat. Sate ini dibakar dengan menggunakan batok kelapa sehingga menghasilkan aroma yang khas dan menggugah selera. Sate ini bisa menggunakan bahan daging ayam dan daging kambing serta daging sapi.

Lodho

Masakan ini menggunakan bahan utama ayam yang diungkep lalu dimasak dengan menggunakan bumbu rempah alami. Anda bisa memilih apakah Lodho dengan kuah kental atau kuah encer yang akan Anda makan.

Pecel Madiun

Menu pecel sebenarnya tergolong cukup sederhana. Pecel ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan tahu dan tempe serta kerupuk dan rempeyek sebagai pelengkapnya. Kemudian semua bahan dalam makanan khas daerah Jawa Timur tersebut disiram dengan saus kacang. Anda bisa makan pecel ini dengan menggunakan nasi putih hangat.

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan khas ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya. Istilah cingur sendiri sebenarnya memiliki arti hidung sapi. Jadi dalam satu porsi rujak cingur terdapat cingur atau hidung sapi dan tahu serta tempe. Ada pula sayuran untuk melengkapi isi dari rujak tersebut. Seluruh banhan tersebut kemudian disiram dengan menggunakan bumbu rujak yang terbuat dari bahan dasar petis.

Rawon

Rawon juga merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Timur yang dikenal lezat. Masakan ini menggunakan olahan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sedangkan kuahnya berwarna cokelat kehitaman yang akan dipadukan dengan menggunakan daun bawang serta tauge kecil dan sambal. Kuah rawon bisa berwarna kehitaman karena diolah dengan menggunakan bumbu rempah berupa kluwwek.

Nasi Krawu

Nasi Krawu menggunakan bahan utama berupa daging sapi goreng yang dimasak dengan bumbu khusus. Kemudian nasi dan daging tersebut disajikan bersama degan sambal terasi hitam dan jga teburan serundeng.

Lontong Kupang

Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki di jawa Timur mungkin bingung dengan jenis makanan ini. Makanan khas daerah Jawa Timur ini dibuat dengan bahan dasar kupang putih yang merupakan hewan laut sejenis kerang namun berukuran kecil. Namun sebelum dimasak tentunya kupang dibersihkan terlebih dahulu dari kotorannya. Kemudian kupang ini dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu rahasia yang dicampur dengan petis. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan lintong dan sate kerang. Ada banyak resep makanan terbaik nusantara hanya di https://makananoleholeh.com.

Makanan khas daerah Jawa Timur memang enak dan tentunya mengenyangkan. Rasanya yang lezat antara manis dan asin bercampur gurih dan pedas tentu akan membuat Anda ketagihan. Oleh sebab itu jika Anda berkunjung ke Jawa Timur jangan lupa untuk mencicipi makanan yang telah disebutkan di atas. Dijamin puas dan kenyang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *